dc.contributor.author |
Yulianingsih, Linda |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-20T06:28:25Z |
|
dc.date.available |
2018-02-20T06:28:25Z |
|
dc.date.issued |
2013 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3256 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang memberi hasil belajar
matematika lebih baik antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model
pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dan siswa yang mendapatkan
pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Possing pada materi garis dan sudut.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sempor tahun
ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling, sampel yang
diperolah terdiri dari dua kelas dengan jumlah seluruh responden adalah 64 siswa. Instrumen
pengumpulan data menggunakan data tes hasil belajar matematika siswa yang sudah
diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis uji hipotesis
menggunakan uji-t satu pihak yakni pihak kanan dengan .
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar matematika siswa yang
pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CTL lebih baik dibandingkan dengan
hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran
problem posing. Dilihat dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai sebesar 1,645 dan nilai
sebesar 15,6951. Data tes hasil belajar diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa
untuk kelas eksperimen I adalah 77,1875 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen II
adalah 72,7344. Selisih rerata tes hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen I dan
kelas eksperimen II adalah 4,4531. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
matematika siswa yang mendapat pembelajaran dengan model CTL lebih baik dibandingkan
hasil belajar matematika siswa yang mendapat pembelajaran problem posing. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika - FKIP |
en_US |
dc.subject |
Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning, Problem Posing |
en_US |
dc.title |
Eksperimentasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Problem Posing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester II Pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut di SMP Negeri 1 Sempor Tahun Ajaran 2012/2013 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |