dc.contributor.author |
Ma'ruf, Moh Zaenal |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-20T06:32:09Z |
|
dc.date.available |
2018-02-20T06:32:09Z |
|
dc.date.issued |
2013 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3261 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar
matematika pada siswa kelas X TKR F SMK Muhammadiyah Kutowinangun melalui
model pembelajaran Penemuan Terbimbing.
Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR F SMK Muhammadiyah
Kutowinangun. Objek dalam penelitian ini adalah proses pada penerapan model
pembelajaran Penemuan Terbimbing. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi
dan lembar angket dengan skala Likert, serta dokumentasi dan lembar soal tes yang telah
diuji dan telah memenuhi syarat validitas. Teknik analisis data menggunakan teknik
deskriptif rata-rata dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan prestasi belajar matematika di
kelas X TKR F SMK Muhammadiyah Kutowinangun meningkat dari siklus 1 ke siklus 2.
Persentase rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus 1 sebesar 68,06% meningkat
menjadi 73,78% pada siklus 2. Sedangkan rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus 1
sebesar 64,92 meningkat menjadi 82,31 pada siklus 2. Hasil tersebut telah memenuhi
indikator keberhasilan yaitu 70% untuk rata-rata motivasi belajar siswa dan 70 untuk
kriteria ketuntasan minimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar
matematika siswa kelas X TKR F SMK Muhammadiyah Kutowinangun tahun pelajaran
2012/2013. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika - FKIP |
en_US |
dc.subject |
Motivasi, Prestasi Belajar Matematika, Penemuan Terbimbing |
en_US |
dc.title |
Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Siswa Kelas X TKR F SMK Muhammadiyah Kutowinangun Tahun Pelajaran 2012/2013 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |