Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui Apakah kemampuan pemahaman
konsep belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran matematika
Realistik Setting Kooperatif (RESIK) dapat memberikan hasil lebih baik daripada
metode ceramah, dan mengetahui adakah perbedaan efek antara model
pembelajaran matematika Realistik Setting Kooperatif (RESIK) dan metode
ceramah terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa pada materi kubus
dan balok, dan jika ada perbedaan efek antara pembelajaran model pembelajaran
matematika Realistik Setting Kooperatif (RESIK) dan metode ceramah
perbedaanya terletak pada pemahaman konsep atau pada minat belajar siswa.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Karangsambung
Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah populasi sebanyak 4 kelas, dengan
simple random sampling. Dari 4 kelas yang ada, diambil acak sebanyak dua kelas
sebagai sampel, yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D
sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu
metode dokumentasi, metode tes, dan metode angket. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan uji beda rataan multivariat dengan menggunakan
analisis uji rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan.
Dari uji hipotesis dengan statistik uji t multivariat diperoleh Fobs sebesar
6,431 dengan nilai tabel F0,05;2,46 sebesar 3, 23, Fobs > Ftabel berarti H0 ditolak.
Sedangkan untuk uji univariat terpisah pada variabel pemahaman konsep
diperoleh tobs 2,872 dan ttabel 1,960, tobs > ttabel maka H0 ditolak, dan pada variabel
minat belajar siswa diperoleh tobs 1,614 dan ttabel 1,960, tobs > ttabel maka H0
diterima. Dari hasil penelitian dan analisis data disimpulkan 1) Pemahaman
konsep dan minat belajar siswa melalui model pembelajaran matematika Realistik
Setting Kooperatif (RESIK) lebih baik dari pada yang menggunakan metode
ceramah. 2) Ada perbedaan efek antara pemahaman konsep dan minat belajar
matematika siswa dengaan model pembelajaran Realistik Setting Kooperatif
(RESIK) dan menggunakan metode ceramah. Perbedaan efek antara model
pembelajaran Realistik Setting Kooperatif (RESIK) dan metode ceramah terhadap
pemahaman konsep dan minat belajar siswa terletak pada minat belajar siswa.