Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif (RESIK) terhadap pemahaman konsep dan minat belajar pada materi Kubus dan Balok pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Karangsambung Tahun pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Noviana
dc.date.accessioned 2018-02-20T06:36:55Z
dc.date.available 2018-02-20T06:36:55Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3262
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui Apakah kemampuan pemahaman konsep belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran matematika Realistik Setting Kooperatif (RESIK) dapat memberikan hasil lebih baik daripada metode ceramah, dan mengetahui adakah perbedaan efek antara model pembelajaran matematika Realistik Setting Kooperatif (RESIK) dan metode ceramah terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa pada materi kubus dan balok, dan jika ada perbedaan efek antara pembelajaran model pembelajaran matematika Realistik Setting Kooperatif (RESIK) dan metode ceramah perbedaanya terletak pada pemahaman konsep atau pada minat belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Karangsambung Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah populasi sebanyak 4 kelas, dengan simple random sampling. Dari 4 kelas yang ada, diambil acak sebanyak dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu metode dokumentasi, metode tes, dan metode angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji beda rataan multivariat dengan menggunakan analisis uji rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan. Dari uji hipotesis dengan statistik uji t multivariat diperoleh Fobs sebesar 6,431 dengan nilai tabel F0,05;2,46 sebesar 3, 23, Fobs > Ftabel berarti H0 ditolak. Sedangkan untuk uji univariat terpisah pada variabel pemahaman konsep diperoleh tobs 2,872 dan ttabel 1,960, tobs > ttabel maka H0 ditolak, dan pada variabel minat belajar siswa diperoleh tobs 1,614 dan ttabel 1,960, tobs > ttabel maka H0 diterima. Dari hasil penelitian dan analisis data disimpulkan 1) Pemahaman konsep dan minat belajar siswa melalui model pembelajaran matematika Realistik Setting Kooperatif (RESIK) lebih baik dari pada yang menggunakan metode ceramah. 2) Ada perbedaan efek antara pemahaman konsep dan minat belajar matematika siswa dengaan model pembelajaran Realistik Setting Kooperatif (RESIK) dan menggunakan metode ceramah. Perbedaan efek antara model pembelajaran Realistik Setting Kooperatif (RESIK) dan metode ceramah terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa terletak pada minat belajar siswa. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Model Pembelajaran Matematika, Realistik Setting Kooperatif (RESIK), pemahaman konsep, minat belajar dan kubus balok en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif (RESIK) terhadap pemahaman konsep dan minat belajar pada materi Kubus dan Balok pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Karangsambung Tahun pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account