dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil
belajar siswa melalui model pembelajaran tutor sebaya. Model pembelajaran tutor
sebaya ini diterapkan pada materi bangun datar, yaitu segitiga dan segi empat,
segi empat yang dibahas disini meliputi persegi, persegi panjang dan jajar
genjang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing
siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini
dilakukan di MTs WI Karangduwur Tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah
35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 metode, yaitu metode
observasi dan metode tes. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan
menggunakan rumus rerata dan persentase.
Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil persentase aktivitas belajar
siswa pada siklus I sebesar 68,75% dan meningkat menjadi 88,75% pada siklus II.
Nilai tersebut sudah mencapai indikator yang ditentukan yaitu ≥75%, karena telah
mencapai indikator maka siklus dihentikan hanya sampai siklus II. Sedangkan
rerata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,34 dan mengalami peningkatan
pada siklus II sebesar 73,24 dengan indikator pencapaian nilai rata-rata kelas pada
tiap siklus minimal 70. Nilai tersebut sudah mencapai indikator yang di harapkan
maka dari itu siklus dihentikan hanya sampai siklus II saja. Ini berarti aktivitas
belajar siswa dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan.
Jadi, model pembelajaran tutor sebaya ini dapat meningkatkan aktivitas
belajar siswa dan hasil belajar siswa di kelas VII MTs WI Karangduwur tahun
pelajaran 2012/2013 pada materi bangun datar. |
en_US |