Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dan
prestasi belajar siswa melalui Model Pembelajaran Index Card Match ini
diterapkan pada materi perbandingan dan skala.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing
siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini
dilakukan di SD Negeri Keseneng Tahun Pelajaran 2013 dengan subyek yang
berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi
dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keaktifan belajar
siswa dan tes formatif. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis deskripsi persentase.
Dari hasil analisis data diperoleh bahwa persentase rata-rata keaktifan
belajar siswa pada siklus I sebesar 63,51, pada siklus II persentase keaktifan
belajar siswa sebesar 77,91. Selain itu, prestasi belajar siswa juga terus mengalami
peningkatan yang ditandai dengan peningkatan rerata nilai siswa dan ketuntasan
belajar klasikal siswa dari data awal ke siklus I yaitu rerata nilai siswa dari 57,25
menjadi 66,77 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa dari 38,70 menjadi 64,51,
dari siklus I ke siklus II yaitu rerata nilai siswa dari 66,77 menjadi 79,03 dengan
ketuntasan belajar klasikal dari 64,51 menjadi 80,64. Ini berarti keaktifan belajar
siswa dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan.
Dari hasil hipotesis tindakan diperoleh thitung 2,37 dan ttabel 1,67, sehingga
thitung > ttabel. Menurut kriteria penerimaan Ha, jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan
Ha diterima. Jadi harga thitung signifikan dan kesimpulan hasil penelitian adalah
pembelajaran dengan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan
keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Keseneng
Tahun Pelajaran 2013 pada materi perbandingan dan skala.