Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Index Card Match pada Siswa Kelas V SD Negeri Keseneng Tahun Pelajaran 2013

Show simple item record

dc.contributor.author Nurhayati
dc.date.accessioned 2018-02-20T06:43:59Z
dc.date.available 2018-02-20T06:43:59Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3267
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dan prestasi belajar siswa melalui Model Pembelajaran Index Card Match ini diterapkan pada materi perbandingan dan skala. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Keseneng Tahun Pelajaran 2013 dengan subyek yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keaktifan belajar siswa dan tes formatif. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskripsi persentase. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa persentase rata-rata keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 63,51, pada siklus II persentase keaktifan belajar siswa sebesar 77,91. Selain itu, prestasi belajar siswa juga terus mengalami peningkatan yang ditandai dengan peningkatan rerata nilai siswa dan ketuntasan belajar klasikal siswa dari data awal ke siklus I yaitu rerata nilai siswa dari 57,25 menjadi 66,77 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa dari 38,70 menjadi 64,51, dari siklus I ke siklus II yaitu rerata nilai siswa dari 66,77 menjadi 79,03 dengan ketuntasan belajar klasikal dari 64,51 menjadi 80,64. Ini berarti keaktifan belajar siswa dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Dari hasil hipotesis tindakan diperoleh thitung 2,37 dan ttabel 1,67, sehingga thitung > ttabel. Menurut kriteria penerimaan Ha, jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi harga thitung signifikan dan kesimpulan hasil penelitian adalah pembelajaran dengan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Keseneng Tahun Pelajaran 2013 pada materi perbandingan dan skala. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Model Pembalajaran Index Card Match, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar en_US
dc.title Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Index Card Match pada Siswa Kelas V SD Negeri Keseneng Tahun Pelajaran 2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account