dc.contributor.author |
Pujiati |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-20T06:50:15Z |
|
dc.date.available |
2018-02-20T06:50:15Z |
|
dc.date.issued |
2013 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3270 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
melalui model pembelajaran problem based learning siswa kelas VIII A semester
2 SMP PGRI I Buluspesantren tahun Pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2
siklus. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A yang berjumlah 25
siswa. Faktor yang diteliti berupa motivasi belajar siswa berupa nilai pada akhir
siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi dan tes. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan
teknik persentase ketuntasan belajar.
Hasil penelitian adalah ada peningkatan motivasi belajar siswa pada
pembelajaran matematika yang dapat dilihat dari indikator motivasi belajar siswa.
Persentasi indikator motivasi belajar siswa meningkat dari 51,28% pada siklus I
menjadi 82,5% pada siklus II. Peningkatan motivasi belajar siswa diikuti dengan
peningkatan prestasi belajar siswa dengan peningkatan belajar secara klasikal
yaitu 60% dan rerata kelas 69,28 pada siklus I, menjadi ketuntasan belajar secara
klasikal 80% dan rerata kelas 77,12 pada siklus II. Jika dilihat dari hasil tersebut,
siklus II diperoleh hasil yang sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu
motivasi belajar siswa secara klasikal mencapai >75 % dan prestasi belajar siswa
secara klasikal ≥75% dengan KKM 70. Uji t yang dilakukan memberikan harga
thitung lebih dari ttabel, sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa model
pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan motivasi siswa dan
hasil belajar matematika di SMP PGRI I Buluspesantren. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika - FKIP |
en_US |
dc.subject |
Problem Based Learning , Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
en_US |
dc.title |
Meningkatkan Motivasi Siswa dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIII A SMP PGRI I Buluspesantren Tahun Pelajaran 2012/2013 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |