dc.contributor.author |
Sukarmi, Puri |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-20T06:53:05Z |
|
dc.date.available |
2018-02-20T06:53:05Z |
|
dc.date.issued |
2013 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3271 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan
pendekatan Teori Maslow dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pelutan Kecamatan
Gebang Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 15 siswa
terdiri dari 6 siswa putri dan 9 siswa putra. Faktor yang diteliti berupa peningkatan
motivasi dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan analisis
deskriptif dan teknik persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Teori
Maslow dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri
Pelutan. Setelah akhir siklus I menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar
tetapi belum mencapai indikator keberhasilan. Selanjutnya dilakukan siklus II dan
diperoleh motivasi dan hasil belajar sudah mencapai indikator keberhasilan. Hasil
peningkatanya adalah motivasi meningkat dari 61,45% pada siklus I menjadi 78,12%
pada siklus II. Hasil belajar meningkat dari 60,00% pada siklus I meningkat menjadi
80% pada siklus II. Penelitian dilakukan sampai siklus II sudah mencapai indikator
keberhasilan yaitu tingkat motivasi mencapai ≥70% dan hasil belajar klasikal ≥75%
siswa mencapai KKM. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Teori
Maslow dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri
Pelutan materi pokok bangun ruang sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini
diharapkan guru menerapkan pendekatan Teori Maslow pada pembelajaran
Matematika sehingga siswa dapat menyelesaikan tugas dan mengikuti proses
pembelajaran dengan baik, menyenamgkan dan hasil belajarnya dapat meningkat. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika - FKIP |
en_US |
dc.subject |
pendekatan Teori Maslow, motivasi belajar, hasil belajar |
en_US |
dc.title |
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Teori Maslow pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pelutan Tahun Pelajaran 2012/2013 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |