Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Teori Maslow pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pelutan Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Sukarmi, Puri
dc.date.accessioned 2018-02-20T06:53:05Z
dc.date.available 2018-02-20T06:53:05Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3271
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan pendekatan Teori Maslow dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pelutan Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 6 siswa putri dan 9 siswa putra. Faktor yang diteliti berupa peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Teori Maslow dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Pelutan. Setelah akhir siklus I menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar tetapi belum mencapai indikator keberhasilan. Selanjutnya dilakukan siklus II dan diperoleh motivasi dan hasil belajar sudah mencapai indikator keberhasilan. Hasil peningkatanya adalah motivasi meningkat dari 61,45% pada siklus I menjadi 78,12% pada siklus II. Hasil belajar meningkat dari 60,00% pada siklus I meningkat menjadi 80% pada siklus II. Penelitian dilakukan sampai siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu tingkat motivasi mencapai ≥70% dan hasil belajar klasikal ≥75% siswa mencapai KKM. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Teori Maslow dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Pelutan materi pokok bangun ruang sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru menerapkan pendekatan Teori Maslow pada pembelajaran Matematika sehingga siswa dapat menyelesaikan tugas dan mengikuti proses pembelajaran dengan baik, menyenamgkan dan hasil belajarnya dapat meningkat. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject pendekatan Teori Maslow, motivasi belajar, hasil belajar en_US
dc.title Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Teori Maslow pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pelutan Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account