Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan pemahaman konsep
belajar matematika siswa dalam mempelajari materi bangun ruang sisi datar siswa
kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo melalui pembelajaran kooperatif tipe
Think-Pair-Square (TPS); (2) meningkatkan minat belajar matematika siswa
dalam mempelajari materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah Purworejo melalui pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-
Square (TPS).
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.
Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, angket, dan tes. Instrumen
yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran
matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-
Square (TPS), Lembar angket minat siswa terhadap pembelajaran matematika
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square
(TPS), dan soal tes yang terdiri dari 6 soal uraian dalam materi bangun ruang sisi
datar pada kubus dan balok. Teknik analisis data adalah deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep
yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu sebesar 66,93
menjadi 77,60; dan termasuk dalam kategori baik. Selain itu, persentase rata-rata
minat belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu
sebesar 70,42% menjadi 78,50%; dan termasuk dalam kategori baik. Simpulan
dari penelitian ini adalah pemahaman konsep dan minat belajar matematika siswa
kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013
mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Think-
Pair-Square (TPS).