Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square (TPS) dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Suwarno, Puspa Asri Permatasari
dc.date.accessioned 2018-02-20T07:00:03Z
dc.date.available 2018-02-20T07:00:03Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3273
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika siswa dalam mempelajari materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo melalui pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square (TPS); (2) meningkatkan minat belajar matematika siswa dalam mempelajari materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo melalui pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair- Square (TPS). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair- Square (TPS), Lembar angket minat siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square (TPS), dan soal tes yang terdiri dari 6 soal uraian dalam materi bangun ruang sisi datar pada kubus dan balok. Teknik analisis data adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu sebesar 66,93 menjadi 77,60; dan termasuk dalam kategori baik. Selain itu, persentase rata-rata minat belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu sebesar 70,42% menjadi 78,50%; dan termasuk dalam kategori baik. Simpulan dari penelitian ini adalah pemahaman konsep dan minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Think- Pair-Square (TPS). en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject pemahaman konsep, minat belajar, pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square (TPS) en_US
dc.title Peningkatan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square (TPS) dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account