Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) Keaktifan belajar siswa
melalui model pembelajaran problem posing kelas VII A MTs Ma’arif NU
Wuwuharjo tahun pelajaran 2012/2013. (2) Prestasi belajar siswa melalui model
pembelajaran problem posing kelas VII A MTs Ma’arif NU Wuwuharjo tahun
pelajaran 2012/2013.
Jenis penilitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam
2 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A semester II MTs
Ma’arif NU Wuwuharjo tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 31 siswa.
Teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan tes. Teknik analisis data
dengan teknik kualitatif dan kuantitatif.
Pada penelitian ini problem posing dapat meningkatkan: (1) Keaktifan belajar
matematika siswa kelas VII A MTs Ma’arif NU Wuwuharjo tahun pelajaran
2012/2013, hal ini ditunjukkan dengan sebelum tindakan siklus I persentase
keaktifan belajar siswa yaitu 38,89% dan setelah diberi tindakan pada siklus I
meningkat mencapai 51,39%. Selanjutnya diberi tindakan pada siklus II
meningkat mencapai 76,39%. (2) Prestasi belajar matematika siswa kelas VII A
MTs Ma’arif NU Wuwuharjo tahun pelajaran 2012/2013, hal ini ditunjukkan
dengan setelah dilakukannya tes akhir setiap siklus, yaitu bahwa sebelum tidakan
siklus I siswa yang tuntas belajar 14 siswa dari 31 siswa dengan persentase
ketuntasan belajar kelas mencapai 45,16% dan nilai rata-rata hasil tes akhirnya
49,27. Setelah diberi tindakan pada siklus I siswa yang tuntas belajar meningkat
menjadi 16 siswa dari 31 siswa dengan persentase ketuntasan belajar kelas
mencapai 51,61% dan nilai rata-rata hasil tes akhirnya juga meningkat menjadi
55,74. Dan selanjutnya setelah diberi tindakan pada siklus II siswa yang tuntas
belajar meningkat lagi menjadi 22 siswa dari 31 siswa dengan persentase
ketuntasan belajar kelas mencapai 70,96% dan nilai rata-rata hasil tes akhirnya
71,77.