Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Posing pada Siswa Kelas VII A MTs Ma’arif NU Wuwuharjo

Show simple item record

dc.contributor.author Zuniati, Ria
dc.date.accessioned 2018-02-20T07:02:31Z
dc.date.available 2018-02-20T07:02:31Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3276
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) Keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran problem posing kelas VII A MTs Ma’arif NU Wuwuharjo tahun pelajaran 2012/2013. (2) Prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran problem posing kelas VII A MTs Ma’arif NU Wuwuharjo tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penilitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A semester II MTs Ma’arif NU Wuwuharjo tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan tes. Teknik analisis data dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Pada penelitian ini problem posing dapat meningkatkan: (1) Keaktifan belajar matematika siswa kelas VII A MTs Ma’arif NU Wuwuharjo tahun pelajaran 2012/2013, hal ini ditunjukkan dengan sebelum tindakan siklus I persentase keaktifan belajar siswa yaitu 38,89% dan setelah diberi tindakan pada siklus I meningkat mencapai 51,39%. Selanjutnya diberi tindakan pada siklus II meningkat mencapai 76,39%. (2) Prestasi belajar matematika siswa kelas VII A MTs Ma’arif NU Wuwuharjo tahun pelajaran 2012/2013, hal ini ditunjukkan dengan setelah dilakukannya tes akhir setiap siklus, yaitu bahwa sebelum tidakan siklus I siswa yang tuntas belajar 14 siswa dari 31 siswa dengan persentase ketuntasan belajar kelas mencapai 45,16% dan nilai rata-rata hasil tes akhirnya 49,27. Setelah diberi tindakan pada siklus I siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 16 siswa dari 31 siswa dengan persentase ketuntasan belajar kelas mencapai 51,61% dan nilai rata-rata hasil tes akhirnya juga meningkat menjadi 55,74. Dan selanjutnya setelah diberi tindakan pada siklus II siswa yang tuntas belajar meningkat lagi menjadi 22 siswa dari 31 siswa dengan persentase ketuntasan belajar kelas mencapai 70,96% dan nilai rata-rata hasil tes akhirnya 71,77. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Problem Posing, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Posing pada Siswa Kelas VII A MTs Ma’arif NU Wuwuharjo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account