Abstract:
Penelitian ini berjudul Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Keputusan Konsumen dalam Pemilihan Jasa Servis Kendaraan Roda Dua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah ada pengaruh yang negatif
antara variabel harga terhadap keputusan konsumen dalam memilih jasa servis
kendaraan roda dua, 2) Apakah ada pengaruh yang positif antara variable lokasi
terhadap keputusan konsumen dalam memilih jasa servis kendaraan roda dua, 3)
Apakah adakah pengaruh yang positif antara variable reputasi terhadap keputusan
konsumen dalam memilih jasa servis kendaraan roda dua, 4) Apakah ada
pengaruh yang positif antara variable teknologi terhadap keputusankonsumen
dalam memilih jasa servis kendaraan roda dua, 5) Apakah ada pengaruh yang
positif antara variable pelayanan terhadap keputusan konsumen dalam memilih
jasa servis kendaraan roda dua, dan 6) Apakah ada pengaruh yang positif antara
variable promosi terhadap keputusan konsumen dalam memilih jasa servis
kendaraan roda dua.
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat umum dan
mahasiswa/mahasiswi yang memiliki kendaraan roda dua dan melakukan servis
berkala secara pribadi yang tidak mewakilkannya kepada orang lain yang berada
di lingkungan Universitas Muhammadiyah Purworejo. Sedangkan teknik
pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan sampel
sebanyak 140 responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi
berganda. Data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner yang
digunakan untuk pengambilan data.
Uji instrumen yang digunakan adalah CFA (Confirmatory Factor
Analisys) untuk menguji validitas, dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan
uji regresi berganda. Berdasarkan pengujian tersebut diketahui bahwa variabel
Harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam
pemilihan jasa servis, dilihat dari nilai regresi berganda (-0,183 dengan taraf
signifikansi 0,001 0,05). Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan konsumen dalam pemilihan jasa servis, dilihat dari nilai regresi
berganda (0,447 dengan taraf signifikansi 0,000 0,05). Reputasi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pemilihan jasa servis,
dilihat dari nilai regresi berganda (0,163 dengan taraf signifikansi 0,032 0,05).
Teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen
dalam pemilihan jasa servis, dilihat dari nilai regresi berganda (0,164 dengan taraf
signifikansi 0,009 0,05). Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan konsumen dalam pemilihan jasa servis, dilihat dari nilai regresi
berganda (0,151 dengan taraf signifikansi 0,014 0,05). Promosi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pemilihan jasa servis,
dilihat dari nilai regresi berganda (0,234 dengan taraf signifikansi 0,002 0,05