Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan siswa SM
P N kelas VII dalam menyelesaikan soal cerita dari sekolah Standar Nasional dan Non Standar Nasional dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan siswa SMP ditinjau dari status sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Ins-trumen yang digunakan berisi soal cerita operasi hitung antar satuan kuantitas. Po-pulasinya siswa SMP N kelas VII se-Kecamatan Kutoarjo tahun 2012/2013. Sam-pel diambil 77 siswa dengan teknik sratified random sampling. Statistik uji yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t. Uji hipotesis pertama diketahui harga thitung = -5,266 dan ttabel =2,042, sehingga thitung < ttabel. Disimpulkan H01 dite
rima dan H11 ditolak, sehingga kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dari sekolah SN masih kurang . Uji hipotesis kedua diketahui harga thitung = -9,584 dan ttabel =2,042, sehingga thitung < ttabel. Disimpulkan H01 diterima dan H11 ditolak, sehingga kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dari sekolah Non SN masih kurang. Uji hipotesis ketiga diketahui harga thitung =5,398 dan ttabel =2,042 sehingga thitung > ttabel. Disimpulkan H03 diterima dan H13 ditolak, sehingga terdapat perbedaan secara signifikan kemampuan siswa SMP dalam menyelesai-kan soal cerita dari status sekolah.