Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) Apakah ada pengaruh positif
variable eksterior took terhadap tanggapan emosional konsumen, 2)Apakah ada
pengaruh positif variable general interior took terhadap tanggapan emosional
konsumen, 3) Apakah ada pengaruh positif variable layout toko terhadap
tanggapan emosional konsumen, 4) Apakah ada pengaruh positif variable interior
display took terhadap tanggapan emosional konsumen, 5) Apakah ada pengaruh
positif variable human terhadap tanggapan emosional konsumen. Hasil penelitian
ini menjelaskan bahwa variable eksterior toko, general interior toko, layout toko,
interior display tokodan variable human akan mempengaruhi tanggapan
emosional consumen serta dapat menyumbangkan pemikiran yang berguna bagi
perusahaan dalam usaha menghadapi masalah-masalah yang ada hubungannya
dengan desai ntmosfer took terhadap tanggapan emosional konsumen dan
membantu dalam pemecaha nmasalah tersebut.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Rita pasaraya di Kota
Kebumen. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan metode non
probability sampling yaitu purposive sampling, dengan sampel sebanyak 100
responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Data yang
digunakan adalah data primer dan kuesioner digunakan untuk pengambilan data.
Analisis data yang digunakan adalah uji instrument untuk mengukur uji
validitas, uji realiabilitas sert regresi berganda. Berdasarkan pengujian tersebut
diketahui bahwa variable eksterior took berpengaruh positif terhadap tanggapan
emosional konsumen, dilihat dari koefisien regresi (0.026) dengan taraf
signifikansi < α = 0.05, variable general interior took berpengaruh positif
terhadap tanggapan emosional konsumen, dilihat dari koefisien regresi (0.025)
dengan taraf signifikansi < α = 0.05 dan variable layout took berpengaruh positif
terhadap tanggapan emosional konsumen, dilihat dari koefisien regresi (0.016)
dengan taraf signifikansi < α = 0.05, variable interior display took berpengaruh
positif terhadap tanggapan emosional konsumen, dilihat dari koefisien regresi
(0.002) dengan taraf signifikansi < α = 0.05, human variable berpengaruh positif
terhadap tanggapan emosional konsumen, dilihat dari koefisien regresi (0,024)
dengan taraf signifikansi < α = 0.05.