Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Artikulasi Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Materi Bangun Ruang Di Kelas VIII SMP Negeri 26 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Nuriati, Rohmah
dc.date.accessioned 2018-02-20T07:13:47Z
dc.date.available 2018-02-20T07:13:47Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3286
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) gambaran penerapan model pembelajaran artikulasi dengan menggunakan alat peraga sehingga mampu menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik; dan (2) apakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran artikulasi lebih baik dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap materi bangun ruang pada siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Porworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah 126 siswa SMP Negeri 26 Purworejo tahun ajaran 2012/2013 yang terbagi dalam 4 kelas yaitu kelas VIII A, VIIIB, VIIIC dan VIII D. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak 2 kelas yang masingmasing kelas berjumlah 32 siswa. Sampel diambil secara cluster random sampling, sehingga diperoleh 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes pilihan ganda yang terlebih dahulu diuji coba. Uji prasarat analisis dalam penelitian ini menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Bartllet untuk uji homogenitas. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel yang berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Dari hasil ini diperoleh thitung = 3,39 dan ttabel = t0,05;62= 1,645. Hasil dari penelitian ini yaitu (1)penerapan model pembelajaran artikulasi dengan menggunakan alat peraga mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, sehingga menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada materibangunruangdi kelas VIIISMP Negeri 26 Purworejo dapat dilihat pada prestasi belajar yang dicapai oleh siswa yang menggunakan alat peraga lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan alat peraga dan (2) prestasi belajar matematika siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran artikulasi lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Purworejo. Hal ini ditunjukan dari thitung = 3,39 dan ttabel = t0,05;62 = 1,645 atau thitung> ttabel. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Artikulasi, Prestasi Belajar, Alat Peraga en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Artikulasi Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Materi Bangun Ruang Di Kelas VIII SMP Negeri 26 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account