Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi personal, motivasi sosiologis, dan motivasi institusional terhadap terjalinnya pemasaran relasional pada konsumen Sarinah Supermarket di Purworejo secara parsial.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen Sarinah Supermarket di Kota Purworejo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Judgment Sampling dengan sampel sebanyak 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 16 diketahui bahwa motivasi personal secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap terjalinnya pemasaran relasional dengan taraf signifikansi (P value) 0.018 < 0.05. Motivasi sosiologis secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap terjalinnya pemasaran relasional dengan taraf signifikansi (P value) 0.011 < 0.05. Motivasi institusional secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap terjalinnya pemasaran relasional dengan taraf signifikansi (P value) 0.034 < 0.05.