Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh retail mix yang terdiri
dari lokasi, produk, harga, promosi, pelayanan, dan suasana dalam gerai pada
keputusan pembelian di Carrefour Maguwo Yogyakarta baik secara parsial
maupun simultan.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah datang
dan berbelanja di Carrefour Maguwo Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan sampel
sebanyak 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner
dengan skala likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas
dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 16.0
diketahui bahwa lokasi berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan
pembelian di Carrefour Maguwo Yogyakarta dengan taraf signifikansi PValue 0,030
< 0,05. Produk berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian di
Carrefour Maguwo Yogyakarta dengan taraf signifikansi PValue 0,011 < 0,05.
Harga berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian di Carrefour
Maguwo Yogyakarta dengan taraf signifikansi PValue 0,022 < 0,05. Promosi
berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian di Carrefour
Maguwo Yogyakarta dengan taraf signifikansi PValue 0,028 < 0,05. Pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian di Carrefour
Maguwo Yogyakarta dengan taraf signifikansi PValue 0,005 < 0,05. Suasana dalam
gerai berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian di Carrefour
Maguwo Yogyakarta dengan taraf signifikansi PValue 0,000 < 0,05. Secara
keseluruhan retail mix yang terdiri dari lokasi, produk, harga, promosi, pelayanan,
dan suasana dalam gerai secara simultan atau bersama-sama berpengaruh pada
keputusan pembelian di Carrefour Maguwo Yogyakarta, dilihat dari F hitung
sebesar 21,954 dan sig 0,000 < 0,05.