Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) gambaran penerapan model
pembelajaran artikulasi dengan menggunakan alat peraga sehingga mampu
menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik; dan (2) apakah prestasi belajar
matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran artikulasi lebih baik
dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap materi
bangun ruang pada siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Porworejo.
Populasi dalam penelitian ini adalah 126 siswa SMP Negeri 26 Purworejo tahun
ajaran 2012/2013 yang terbagi dalam 4 kelas yaitu kelas VIII A, VIIIB, VIIIC dan
VIII D. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak 2 kelas yang masingmasing
kelas berjumlah 32 siswa. Sampel diambil secara cluster random
sampling, sehingga diperoleh 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen
pengumpulan data menggunakan soal tes pilihan ganda yang terlebih dahulu diuji
coba. Uji prasarat analisis dalam penelitian ini menggunakan uji Lilliefors untuk
uji normalitas dan uji Bartllet untuk uji homogenitas. Dengan α = 0,05 diperoleh
sampel yang berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan variansinya
homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Dari hasil ini diperoleh thitung
= 3,39 dan ttabel = t0,05;62= 1,645.
Hasil dari penelitian ini yaitu (1)penerapan model pembelajaran artikulasi dengan
menggunakan alat peraga mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar,
sehingga menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada
materibangunruangdi kelas VIIISMP Negeri 26 Purworejo dapat dilihat pada
prestasi belajar yang dicapai oleh siswa yang menggunakan alat peraga lebih baik
dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan alat peraga dan (2) prestasi
belajar matematika siswa yang mendapat pembelajaran dengan model
pembelajaran artikulasi lebih baik dibandingkan model pembelajaran
konvensional pada materi bangun ruang siswa kelas VIII SMP Negeri 26
Purworejo. Hal ini ditunjukan dari thitung = 3,39 dan ttabel = t0,05;62 = 1,645 atau
thitung> ttabel.