Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) korelasi antara kemampuan
awal dengan prestasi belajar matematika setelah menggunakan model
pembelajaran picture and picture; (2) prestasi belajar matematika siswa kelas IV
SD se-Gugus Urip Sumoharjo 2 pada sub pokok bahasan pecahan yang
menggunakan model pembelajaran picture and picture lebih baik dibandingkan
dengan prestasi belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran
konvensional.
Populasi penelitian ini adalah SD se-Gugus Urip Sumoharjo 2 yang
berjumlah 4 SD. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu sebagai kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik
sampling purposive. Instumen pengumpulan data menggunakan pretest dan
postest yang masing-masing telah memenuhi validitas dan reliabilitas. Analisis
data menggunakan uji korelasi dan uji anakova.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) Berdasarkan hasil uji korelasi menunjukkan
bahwa didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,73 > 0,6 sehingga dapat
disimpulkan bahwa kemampuan awal siswa memiliki korelasi atau hubungan
terhadap prestasi hasil belajar siswa; (2) berdasarkan hasil uji anakova
menunjukkan Fobs = 6,26 > Ftabel = 4,17 sehingga H0 ditolak dan dapat
disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD se-Gugus Urip
Sumoharjo 2 pada sub pokok bahasan pecahan yang menggunakan model
pembelajaran picture and picture lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar
matematika yang menggunakan model pembelajaran konvensional.