Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Picture and Picture pada Sub Pokok Bahasan Pecahan dengan Melihat Kemampuan Awal Siswa Kelas IV SD se-Gugus Urip Sumoharjo 2 Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Septiani
dc.date.accessioned 2018-02-20T07:23:59Z
dc.date.available 2018-02-20T07:23:59Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3295
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) korelasi antara kemampuan awal dengan prestasi belajar matematika setelah menggunakan model pembelajaran picture and picture; (2) prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD se-Gugus Urip Sumoharjo 2 pada sub pokok bahasan pecahan yang menggunakan model pembelajaran picture and picture lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah SD se-Gugus Urip Sumoharjo 2 yang berjumlah 4 SD. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Instumen pengumpulan data menggunakan pretest dan postest yang masing-masing telah memenuhi validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji korelasi dan uji anakova. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Berdasarkan hasil uji korelasi menunjukkan bahwa didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,73 > 0,6 sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal siswa memiliki korelasi atau hubungan terhadap prestasi hasil belajar siswa; (2) berdasarkan hasil uji anakova menunjukkan Fobs = 6,26 > Ftabel = 4,17 sehingga H0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD se-Gugus Urip Sumoharjo 2 pada sub pokok bahasan pecahan yang menggunakan model pembelajaran picture and picture lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran konvensional. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject picture and picture, kemampuan awal, pecahan, prestasi belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Picture and Picture pada Sub Pokok Bahasan Pecahan dengan Melihat Kemampuan Awal Siswa Kelas IV SD se-Gugus Urip Sumoharjo 2 Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account