Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Matematika Tipe Group Investigation (GI) dan Teams Games Tournament (TGT) pada Materi Bangun Datar Terhadap Prestasi belajar Siswa Kelas V Se-Gugus HM. Sarbini, Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Mukhlisoh, Siti
dc.date.accessioned 2018-02-20T07:30:54Z
dc.date.available 2018-02-20T07:30:54Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3300
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik antara model pembelajaran tipe Group Investigation (GI) atau Teams Games Tournament (TGT) pada materi bangun datar kelas V Se-Gugus HM. Sarbini, Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus HM. Sarbini Kec. Buluspesantren tahun pelajaran 2012/2013. Dengan teknik sampling Simple Random Sampling dipilih siswa kelas V SD dari SDN Buluspesantren dan SDN 1 Sangubanyu sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasil penelitian. Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembedanya. Metode tes dilakukan untuk memperoleh data nilai akhir setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Uji prasyarat analisis variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas, uji Bartlett untuk uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian, didapat thitung = -0,147 yang berada pada daerah penerimaan H0 artinya prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Group Investigation tidak lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament. Diperoleh dari rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I mencapai 75,44, sedangkan pada kelas eksperimen II adalah 76,62. Dari hasil perhitungan statistik uji hipotesis dengan α = 0.05 dan dk = 42 dari daftar distribusi t didapat ttabel = 1,960. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Group Investigation (GI), Teams Games Tournament (TGT), Prestasi Belajar, Bangun Datar en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Matematika Tipe Group Investigation (GI) dan Teams Games Tournament (TGT) pada Materi Bangun Datar Terhadap Prestasi belajar Siswa Kelas V Se-Gugus HM. Sarbini, Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account