Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: deskripsi implementasi
pendidikan karakter pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) oleh
guru matematika SMP Negeri se-Kabupaten Purworejo.
Teknik pengambilan data dengan metode dokumentasi, metode angket
dan metode wawancara. Dokumentasi RPP guru ini untuk mengetahui kekurangan
komponen dalam RPP yang dilakukan oleh guru matematika SMP Negeri.
Wawancara ini dilakukan untuk mengetahui alasan kenapa guru tidak
mencantumkan komponen yang seharusnya ada dalam RPP yang mereka buat.
Angket digunakan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan
berkarakter dari segi RPP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
sedangkan analisis data dilakukan dengan langkah-langkah deskripsi data,
analisis data dan pembahasan.
Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan
berkarakter dari segi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) guru mata
pelajaran matematika SMP Negeri se-Kabupaten Purworejo termasuk dalam
kategori cukup. Kategori ini dihitung berdasarkan nilai rata-rata angket
implementasi pendidikan berkarakter dan lembar observasi RPP yaitu sebesar 73,
005%.