Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran CRH pada Materi Kubus dan Balok Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 14 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Kuswari, Suci
dc.date.accessioned 2018-02-20T07:44:57Z
dc.date.available 2018-02-20T07:44:57Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3308
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) penerapan model pembelajaran CRH menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok, (2) aktivitas belajar siswa yang tinggi dapat menghasilkan prestasi belajar matematika siswa yang lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas belajar siswa yang sedang dan rendah, serta aktivitas belajar siswa yang sedang dapat menghasilkan prestasi belajar matematika siswa yang lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas belajar siswa yang rendah pada materi kubus dan balok, (3) ada interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel penelitian diambil acak dengan cluster random sampling, siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi, metode tes, dan metode observasi. Uji hipotesisnya yaitu dengan anava dua jalan sel tak sama. Kesimpulan: (1) 𝐻0𝐴 ditolak (𝐹𝑜𝑏𝑠 = 33.97 > 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 4.016), rerata baris 𝑎1 = 79.98 > 𝑎2 = 61.01. Jadi model pembelajaran CRH menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok. (2) 𝐻0𝐵 ditolak (𝐹𝑜𝑏𝑠 = 16.46 > 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 3.166). Uji lanjut pasca anava: 𝐹1βˆ’2 = 11.62 > 2 Γ— 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 6.332 artinya 𝐻0 ditolak, 𝐹1βˆ’3 = 27.65 > 2 Γ— 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 6.332 artinya 𝐻0 ditolak, dan 𝐹2βˆ’3 = 6.34 < 2 Γ— 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 6.332 artinya 𝐻0 ditolak. Rerata baris 𝑏1 = 82.59 > 𝑏2 = 69, 𝑏1 = 82.59 > 𝑏3 = 59.9, dan 𝑏2 = 69 > 𝑏3 = 59.9, maka aktivitas belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas belajar sedang dan rendah, serta aktivitas belajar sedang menghasilkan prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas belajar rendah. (3) 𝐻0𝐴𝐵 diterima (𝐹𝑜𝑏𝑠 = 2.91 < 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 3.166). Jadi tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Model pembelajaran CRH, aktivitas belajar siswa, prestasi belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran CRH pada Materi Kubus dan Balok Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 14 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account