dc.contributor.author |
Sudaryono |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-20T07:47:30Z |
|
dc.date.available |
2018-02-20T07:47:30Z |
|
dc.date.issued |
2013 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3309 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan contextual
teaching and learning berbantuan software GeoGebra dapat menghasilkan
prestasi belajar matematika yang lebih baik dibanding pendekatan pembelajaran
deduktif pada materi bahasan persegi panjang dan persegi siswa kelas VII SMP
Negeri 2 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2
Kutowinangun tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 240 siswa. Sampel
penelitian sebanyak 2 kelas yang berjumlah 65. Pengambilan sampel
menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data
menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan
adalah instrumen tes. Tes sebelum diberikan ke kelas eksperimen dan kontrol
terlebih dahulu diujicobakan pada populasi lain. Setelah dilakukan uji tes
intrumen, kemudian dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis
data menggunakan teknik kualitatif untuk mengetahui penerapan pendekatan CTL
berbantuan software GeoGebra dan teknik kuantitatif menggunakan uji t bersyarat
normal dan homogen.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa prestasi belajar siswa yang
menggunakan pendekatan contextual teaching and learning berbantuan software
GeoGebra lebih baik dibanding prestasi belajar siswa yang menggunakan
pendekatan deduktif pada materi persegi panjang dan persegi siswa kelas VII
SMP Negeri 2 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2012/2013 . |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika - FKIP |
en_US |
dc.subject |
prestasi belajar, CTL, GeoGebra |
en_US |
dc.title |
Eksperimentasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Software GeoGebra Pada Materi Persegi Panjang dan Persegi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2012/2013 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |