Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Software GeoGebra Pada Materi Persegi Panjang dan Persegi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Sudaryono
dc.date.accessioned 2018-02-20T07:47:30Z
dc.date.available 2018-02-20T07:47:30Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3309
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan contextual teaching and learning berbantuan software GeoGebra dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibanding pendekatan pembelajaran deduktif pada materi bahasan persegi panjang dan persegi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kutowinangun tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 240 siswa. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang berjumlah 65. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Tes sebelum diberikan ke kelas eksperimen dan kontrol terlebih dahulu diujicobakan pada populasi lain. Setelah dilakukan uji tes intrumen, kemudian dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif untuk mengetahui penerapan pendekatan CTL berbantuan software GeoGebra dan teknik kuantitatif menggunakan uji t bersyarat normal dan homogen. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa prestasi belajar siswa yang menggunakan pendekatan contextual teaching and learning berbantuan software GeoGebra lebih baik dibanding prestasi belajar siswa yang menggunakan pendekatan deduktif pada materi persegi panjang dan persegi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2012/2013 . en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject prestasi belajar, CTL, GeoGebra en_US
dc.title Eksperimentasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Software GeoGebra Pada Materi Persegi Panjang dan Persegi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account