Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) minat belajar siswa pada
pembelajaran bangun ruang menggunakan media wingeom; (2) pemahaman
konsep siswa pada pembelajaran bangun ruang menggunakan media wingeom.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Purworejo
yang berjumlah 32 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan.
Teknik pengumpulan data dengan metode angket, tes, dokumentasi dan observasi.
Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, angket dan tes. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis menggunakan deskripsi persentase.
Hasil penelitian menunjukkan (i) Minat siswa meningkat, yang nampak
dari peningkatan persentase hasil observasi sebesar 10,62% dan dari peningkatan
persentase hasil angket minat belajar siswa sebesar 10,37%. (ii) Pemahaman
konsep siswa meningkat, yang nampak dari peningkatan persentase tiap-tiap
indikator pemahaman konsep dari siklus I ke siklus II, yaitu menyatakan ulang
sebuah konsep sebesar 15,63%, mengklasifikasikan objek-objek menurut sifatsifat
tertentu (sesuai dengan konsepnya) sebesar 2,18%, memberi contoh dan noncontoh
dari konsep tetap dengan persentase 96,88%, menyajikan konsep dalam
berbagai bentuk representasi matematis sebesar 13,28%, mengembangkan syarat
perlu/syarat cukup suatu konsep sebesar 21,59%, menggunakan, memanfaatkan
dan memilih prosedur atau operasi tertentu sebesar 0,33% serta mengaplikasikan
konsep/algoritma pemecahan masalah sebesar 17,68%. Rata-rata nilai siswa kelas
VIII B pada siklus I sebesar 76,41 dengan ketuntasan klasikal 71,88% meningkat
menjadi 88,22 dengan ketuntasan klasikal 93,75% pada siklus II.