Abstract:
Tri Khayatun. erfikir atem is Kua tatif R r
Negeri di Kecamatan Purworejo Dalam Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Sifat-sifat pada
Kubus dan Balok. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Matematika Universitas Muhammadiya Purworejo. 2013.
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kemampuan berfikir matematis kualitatif rigor
level 1 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kecamat petensi dasar
mengidentifikasi sifat-sifat pada kubus dan balok. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan datanya dilakukan
dengan cara tes wawancara dan teknik sampling yang di gunakan adalah snowball sampling.
Subjek dalam penelitian ini adalah 12 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pur
B M at li igor Level 1 Siswa Kelas V Sekolah Dasa
an Purworejo dalam kom
worejo yang berkemampuan matematika lebih dari atau sama dengan di atas rerata kelas.
Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian
data dan pembahasan. Berkaitan dengan tujuan penelitian yang telah dipaparkan, hasil
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berfikir matematis kualitatif rigor level 1 siswa
dalam mengidentifikasi sifat-sifat pada kubus dan balok belum menguasai pada fungsi kognitif
2 yakni visualisasi, fungsi kognitif 3 yakni pembandingan dan fungsi kognitif 5 yakni
penggunaan lebih dari satu sumber informasi sehingga subjek belum berfikir matematis
kualitati frigor level 1.
Kata Kunci: Berfikir rigor level 1, berfikir matematis, geometri.