Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan mahasiswa dalam menye
lesaikan soal-soal Telaah Kurikulum Matematika SMA Tahun Akademik 2012/
2013. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumen UAS, wawancara,
dan triangulasi. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh.
Subjek penelitian ini adalah 18 mahasiswa semester VF yang mengikuti Telaah
Kurikulum Matematika SMA Tahun Akademik 2012/2013 dalam 1 kelompok
yang diampu oleh salah seorang dosen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
deskriptif sedangkan analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi
data (reduction data), penyajian (display) data, dan kesimpulan (conclusion). Dari
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan
soal-soal Telaah Kurikulum Matematika SMA sebagai berikut: 1. pada
pokok bahasan Persamaan dan Fungsi Kuadrat kesalahan paling banyak dalam
memahami konsep; 2. pada pokok bahasan Logaritma kesalahan paling banyak
dalam memahami prinsip; dan 3. pada pokok bahasan Trigonometri kesalahan
paling banyak dalam memahami konsep.