Abstract:
Permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) tema, alur, tokoh dan penokohan, latar, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat dalam novel Katresnan Donja-Akerat; (2) nilai moral yang terkandung dalam novel; (3) bagaimana cara pembelajaran novel Katresnan Donja-Akerat karya K.M. Sasrasoemarta di SMA.
Objek penelitian yang digunakan adalah struktur objektif novel Katresnan Donja-Akerat, nilai moral yang terkandung dalam novel, dan kemungkinan pembelajarannya di SMA. Subjek penelitian difokuskan pada analisis struktural objektif, nilai moral, dan langkah-langkah pembelajarannya di SMA. Sumber data yang digunakan yaitu novel Katresnan Donja-Akerat karya K.M. Sasrasoemarta. Instrument utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode pustaka dan metode catat. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis menggunakan teknik informal.
Hasil penelitian yaitu (1) temanya cinta sejati, perbedaan derajat antara kaum perempuan dengan kaum laki-laki, dan kasih tak sampai. Alur ceritanya progresif. Tokoh utama Ni Eng Tai kaliyan Nio Sam Pek, tokoh tambahan Ni Cuk Kong, Nyonya Ni Cuk Kong, Kyai Guru, Hi Ja So, Su Kyu, An Tong, Jin Sim, dan Ma Cun. Terdapat tiga macam latar yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar sosial. Gaya bahasa simile. Sudut pandang persona ketiga. Amanatnya jangan putus asa dalam menggapai cita-cita atau keinginan, putus asa hanya akan membawa kesengsaraan lahir dan batin, bahkan bisa berakibat kematian; (2) nilai moral yang terkandung di dalam novel terdapat tiga aspek yaitu hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan lingkup sosial dan hubungan manusia dengan Tuhan; (3) pembelajaran novel Katresnan Donja-Akerat sesuai dengan KTSP terdiri dari tujuan, bahan, metode, media, langkah, sumber belajar, waktu dan evaluasi.