dc.description.abstract |
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan
untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe Snowball Throwing dengan alat peraga dapat meningkatkan keaktifan dan
hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri I Prembun pada materi pokok
bangun ruang sisi datar.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari
tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam
penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri I Prembun
semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Data dalam penelitian ini diambil
dengan menggunakan lembar pengamatan dan tes evaluasi. Indikator keberhasilan
dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apabila diperoleh skor rata-rata
keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif > 70% yang diambil
dengan menggunakan lembar pengamatan, apabila nilai rata-rata kelas > 70 dan
persentase hasil belajar siswa yang mencapai standar KKM > 70%.
Hasil dari penelitian ini setelah dilakukan proses pembelajaran melalui
model Snowball Throwing dengan alat peraga persentase keaktifan belajar siswa
pada siklus I mencapai 65% dan pada siklus II menjadi 78,74%. Hasil yang
dicapai pada akhir siklus I ke siklus II ini menunjukkan adanya peningkatan
keaktifan belajar siswa. Selain itu, pada siklus I siswa yang mendapat nilai > 70
ada 18 siswa atau sekitar 56,25% dengan rata-rata nilai kelasnya 67,75, sedangkan
pada siklus II yang mendapat nilai > 70 ada 27 siswa atau sekitar 84,37% dengan
rata-rata nilai kelasnya 79,62. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil
belajar matematika siswa. |
en_US |