Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Mind Mapping dalam Quantum Learning Terhadap Prestasi Belajar Materi Segitiga dan Segiempat Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Wahyudi
dc.date.accessioned 2018-02-20T08:16:53Z
dc.date.available 2018-02-20T08:16:53Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3329
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar materi segitiga dan segiempat yang menggunakan Mind Mapping dalam model pembelajaran Quatum Learning lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 11 Purworejo yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 2 kelas dan terpilih secara acak kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika siswa. Sebelum digunakan pengambilan data, instrumen terlebih dahulu di uji cobakan pada kelas uji coba. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yag berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukkan tobs sebesar 3,8199 lebih besar dari ttabel sebesar 1,645 sehingga H0 ditolak. Ini berarti terdapat perbedaan antara pembelajaran dengan menggunakan Mind Mapping dalam Quantum Learning dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan segitiga dan segiempat. Dari rataan marginalnya, diperoleh mean pada model pembelajaran dengan menggunakan Mind Mapping dalam Quantum Learning diperoleh 76,5; sedangkan nilai mean pada model pembelajaran konvensional diperoleh 61,2. Hal ini berarti prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan Mind Mapping dalam Quantum Learning lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Mind Mapping, Quantum Learning, Prestasi Belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Mind Mapping dalam Quantum Learning Terhadap Prestasi Belajar Materi Segitiga dan Segiempat Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account