dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) langkah-langkah
pembelajaran menulis geguritan dengan media gambar pada siswa kelas IX. I
MTs Negeri Klirong; (2) peningkatan kemampuan menulis geguritan dengan
media gambar pada siswa kelas IX. I MTs Negeri Klirong; dan (3) peningkatan
motivasi belajar siswa kelas IX. I MTs Negeri Klirong dalam menulis geguritan
dengan media gambar.
Subjek penelitian adalah siswa kelas IX. I MTs Negeri Klirong yang
berjumlah 38 siswa. Variabel penelitian menggunakan variabel bebas dan variabel
terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes.
Instrumen pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian menulis geguritan,
lembar pengamatan siswa, dan lembar kuesioner. Analisis data menggunakan
teknik kuantitatif dan kualitatif. Validitas instrumen menggunakan validitas isi.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatkan kemampuan dan
motivasi belajar siswa dalam menulis geguritan. Peningkatan kemampuan
menulis geguritan dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata dan persentase
ketuntasan hasil belajar tiap siklus. Nilai rata-rata dan persentase ketuntasan hasil
belajar prasiklus sebesar 61,26 dan 23,68%, Siklus I sebesar 68,84 dan 60,53%,
siklus II sebesar 74,11 dan 78,95% mengalami peningkatan menjadi 80,63 dan
86,84% pada siklus III. Hasil pengamatan dan kuesioner menunjukkan adanya
peningkatan motivasi belajar siswa dalam menulis geguritan dan mengikuti
proses pembelajaran. Pada saat prasiklus motivasi belajar siswa kurang. Pada
siklus I motivasi belajar siswa cukup meningkat. Pada siklus II motivasi belajar
siswa semakin meningkat. Pada siklus III motivasi belajar siswa semakin
meningkat dibandingkan siklus sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh adanya
media pembelajaran yang menarik yang digunakan dalam proses pembelajaran.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran
menulis geguritan dapat meningkatkan kemamapuan dan motivasi belajar siswa
dalam menulis geguritan. |
en_US |