Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) watak
tokoh yang terdapat dalam naskah drama Ayahku Pulang karya Usmar Ismail; (2)
mendeskripsikan dan menjelaskan pendidikan akhlak yang terdapat dalam naskah
drama Ayahku Pulang karya Usmar Ismail; dan (3) mendeskripsikan dan
menjelaskan kesesuaian dan pemanfaatan pendidikan akhlak dalam naskah drama
Ayahku Pulang karya Usmar Ismail sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XI
SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam
penelitian ini berupa satuan lingual. Sumber data yang digunakan adalah naskah
drama Ayahku Pulang karya Usmar Ismail. Instrumen penelitian ini penulis dan
menggunakan fasilitas kartu pencatat data. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observasi langsung. Observasi langsung dilakukan dengan
membaca naskah drama Ayahku Pulang, kemudian data yang didapatkan dicatat
dalam kartu pencatat data.
Hasil analisis menunjukkan (1) watak tokoh yang dominan dalam naskah
Ayahku Pulang karya Usmar Ismail adalah pemaaf, sabar, penyayang, dan pekerja
keras. Watak tokoh berupa watak bulat atau kompleks; (2) pendidikan akhlak
yang terdapat dalam naskah drama Ayahku Pulang karya Usmar Ismail terdiri atas
akhlak terhadap Allah Swt., akhlak pribadi, dan akhlak dalam keluarga. Akhlak
pribadi dominan dibandingkan dengan kedua akhlak tersebut; dan (3) Kesesuaian
dan pemanfaatan pendidikan aklak dalam naskah drama Ayahku Pulang sebagai
bahan pembelajaran sastra ditinjau dari tiga aspek, yaitu bahasa, psikologi, dan
latar belakang budaya. Dari segi bahasa, naskah tersebut mudah dipahami dan
tidak mengandung Sara. Dari segi psikologi, naskah tersebut sesuai dengan
kondisi kejiwaan anak pada tahap generalisasi dan sarat dengan pendidikan akhlak
yang bertujuan memberikan pelajaran menentukan sikap positif dalam
menyelesaikan permasalahan. Dari segi latar belakang budaya, menyajikan latar
belakang budaya Indonesia dan belum terkontaminasi budaya asing. Pemanfaatan
naskah drama tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran di kelas XI
SMA yang tercantum dalam KTSP Standar Kompetensi “Memahami Teks
Drama” dan Kompetensi Dasar “Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Naskah
Drama”.