Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN METODE KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH SADANG TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Sutrisno, Ari
dc.date.accessioned 2018-02-20T08:46:37Z
dc.date.available 2018-02-20T08:46:37Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3346
dc.description.abstract Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu (1) bagaimana proses pembelajaran keterampilan berbicara dengan metode kerja kelompok pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Sadang, Kebumen, dan (2) bagaimanakah tingkat keberhasilan keterampilan berbicara melalui metode kerja kelompok pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Sadang, Kebumen. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan berbicara melalui metode kerja kelompok pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Sadang, Kebumen, dan (2) Mengetahui tingkat keberhasilan keterampilan berbicara melalui metode kerja kelompok pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Sadang, Kebumen. Penelitian ini meggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Arikunto. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes. Data yang diperlukan diperoleh melalui wawancara, angket, observasi, dokumentasi. kriteria keberhasilan yang diperoleh siswa berdasarkan dua kriteria, yaitu keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Keabsahan data diperoleh dari Tanya jawab dan tringulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode kerja kelompok untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Sadang, Kebumen mendapat tanggapan yang positif. Proses pembelajaran yang berlangsung menjadikan siswa lebih aktif, kreatif, dan berani bertanya mengungkapkan ide, pikiran, pendapat dan gagasanya. Hasil analisis penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan berbicara setelah dilaksanakanya pembelajaran dengan metode kerja kelompok setiap aspeknya yaitu aspek ketepatan lafal dan intonasi, sikap wajar tenang dan tidak kaku, gerak-gerik mimik yang tepat (ekspresi) dan pandangan mata, kelancaran berbicara, dan kenyaringan suara. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 64,67, nilai rata-rata siklus I sebesar 74,00, dan nilai rata-rata siklus II mencapai 81,25. Jadi, jumlah perbandingan dari pretes sampai siklus II sebesar 16,58. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pengajaran melalui metode kerja kelompok pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Sadang, kebumen meningkat. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject keterampilan berbicara, metode kerja kelompok, dan siswa SMP Muhammadiyah Sadang en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN METODE KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH SADANG TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account