Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA ALTERNATIF PEMBELAJARANNYA DI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Muhidah
dc.date.accessioned 2018-02-20T08:49:26Z
dc.date.available 2018-02-20T08:49:26Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3348
dc.description.abstract Pendekatan penelitian yang digunakan, secara teoretis, adalah pendekatan sosiologis (sosiologi sastra); secara metodologis, digunakan pendekatan deskriptif analisis. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan dalam novel Sang Pemimpi. Fokus penelitian pada nilai moral, nilai sosial, dan nilai religius novel Sang Pemimpi. Data dikumpulkan dari sumbernya, yakninovel Sang Pemimpi karya Adrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada September 2008 menggunakan metode baca dan catat dengan peneliti sendiri sebagai human instrumen yang dibantu kartu data. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis isi (content analysis)dan hasilnya dipaparkan menggunakan metode informal. Hasil penelitian ini: (1) nilai pendidikan yang tekandung dalam novel Sang Pemimpi meliputi: nilai religius, optimisme, pekerja keras, tanggung jawab, kasih sayang, peduli, dan toleransi; (2) relevansi novel Sang Pemimpi sebagai bahan ajar pada siswa kelas X SMA dapat dilihat dari: (i) relevansi novel tersebut dengan standar isi KTSP, yakni SK nomor 7 dan KD nomor 7.1 dalam BSNP, dan (ii) relevansi nilai-nilai pendidikan dalam novel tersebut dengan implementasi pendidikan berkarakter, yakni sebagai sarana pembentukan karakter siswa kelas X SMA yang memasuki masa remaja sehingga cenderung labil; dan (3) rancangan pembelajaran novel Sang Pemimpi pada siswa kelas X SMA didasarkan pada: (i) SK, yakni memahami berbagai hikayat, novel indonesia/novel terjemahan (ii) kompetensi dasar KD, yakni menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel indonesia/terjemahan (iii) indikator, yakni mengungkapkan tema, amanat, latar, tokoh dan penokohan, alur, dan sudut pandang dalam novel Sang Pemimpi, mengungkapkan hubungan antarunsur-unsur intrinsik novel Sang Pemimpi, dan mengungkapkan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi, (iv) materi/bahan ajar, yakni novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata, teori struktural, dan teori nilai-nilai pendidikan yang ada dalam novel, (v) model pembelajaran, yakni model jigsaw (vi) metode pembelajaran, yakni inkuiri dan diskusi, (vii) alokasi waktu, yakni satu pertemuan dengan dua jam pelajaran (2 X 45 menit), (viii) langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Pada kegiatan inti, langkah-langkah pembelajaran disesuaikan dengan model jigsaw dengan metode inkuri dan diskusi (ix) media pembelajaran, yakni LCD dan/atau foto kopi materi tentang unsur-unsur intrinsik karya sastra dan macam-macam nilai-nilai pendidikan yang ada dalam karya sastra, serta (x) evaluasi, yakni dengan teknik tes tertulis dengan bentuk instrumen berupa soal uraian. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject nilai pendidikan, novel Sang Pemimpi, model pembelajaran Jigsaw en_US
dc.title NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA ALTERNATIF PEMBELAJARANNYA DI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account