Abstract:
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitannya
adalah kalimat dan/atau paragraf pada wacana editorial harian Suara Merdeka
tahun 2011. Fokus penelitian terdapat pada ketepatan dan kesalahan penggunaan
konjungtor pada wacana editorial harian Suara Merdeka tahun 2011 dan
rancangan implementasi pembelajarannya yang diintegrasikan dalam pembelajaran
menulis paragraf argumentasi pada siswa semester II SMA. Data
dikumpulkan menggunakan metode baca dan catat. Penelitian ini merupakan
penelitian sampel yang diambil dengan teknik random dan purposive sampling.
Sumber datanya adalah wacana editorial harian Suara Merdeka tahun 2011.
Instrumen penelitan human instrumen, yakni peneliti yang bertindak sebagai
instrumen dan dibantu kartu data. Teknik analisis data menggunakan metode agih
dengan teknik dasar teknik bagi unsur langsung dan teknik lanjutannya
menggunakan kombinasi antara teknik lesap dan teknik ganti dan hasilnya dipaparkan
menggunakan metode informal.
Hasil penelitian ini: (1) ditemukan 263 data penggunaan konjungtor,
dengan rincian: konjungtor koordinatif (141 data tepat, dan 18 data salah),
konjungtor korelatif (3 data tepat, dan 1 data salah), konjungtor subordinatif (72
data tepat, dan 10 data salah), konjungtor antarkalimat (10 data tepat dan 8 data
salah), dan (2) pembelajaran penggunaan konjungtor pada wacana editorial harian
SM tahun 2011 yang diintegrasikan ke dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi
bagi siswa semester II SMA dirancang berdasarkan: (a) wacana editorial
memiliki relevansi dengan KTSP sebagai bahan ajar bagi siswa SMA, (b) model
kuantum merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang efektif dalam
pembelajaran menulis paragraf argumentasi, dan (c) penggunaan konjungtor pada
wacana editorial SM sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran menulis
argumentasi pada siswa semester II SMA didasarkan pada: (i) standar kompetensi,
(ii) kompetensi dasar, (iii) indikator, (iv) materi pokok/bahan ajar, (v) alokasi
waktu, (vi) metode pembelajaran, (vii) strategi pembelajaran, (viii) sumber
belajar, (ix) media pembelajaran, dan (x) penilaian