Abstract:
Teori yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah teori Tarigan
(2008) yang menyatakan menulis ialah menurunkan atau melukiskan lambanglambang
grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh
seseorang, sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut
kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik itu. Dalam penelitian ini
juga digunakan teori Sudarman (2009) yang menyatakan teks berita ialah laporan
tercepat tentang suatu peristiwa, opini, kecenderungan, situasi, kondisi,
interpretasi yang penting, menarik, masih baru, dan secepatnya disampaikan
kepada khalayak. Penelitian ini juga menggunkan teori Triono (2009) yang
menyatakan bahwa pembelajaran berbasis masalah ialah hubungan antara dua
arah belajar dan lingkungan. Lingkungan memberi masukan kepada siswa berupa
bantuan dan masalah, sedangkan sistem saraf otak berfungsi menafsirkan bantuan
itu secara efektif sehingga masalah yang dihadapi dapat diselidiki, dinilai,
dianalisis serta dicari pemacahan yang baik.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat
komponen, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dan melalui dua
siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah
Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Pengumpulan data menggunakan teknik tes
dan nontes. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Teknik
keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Penyajian data hasil penelitian
menggunakan metode informal.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran
menulis teks dengan model pembelajaran berbasis masalah salah satunya yakni
masalah yang diberikan berhubungan dengan lingkungan nyata siswa di sekolah
dan masyarakat,(2) keterampilan menulis teks berita setelah memperoleh
pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa
kelas VIII tahun pelajaran 2011/2012 mengalami meningkat. Pada prasiklus,
siswa memperoleh rata-rata menulis teks berita sebesar 46,84, siklus I
memperoleh rata-rata sebesar 64,52, dan siklus II memperoleh rata-rata sebesar
72,36. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui model
pembelajaran berbasis masalah menulis teks berita siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah Purworejo meningkat.