Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERI BERBA ITA MEL ASIS MAS LALUI M SALAH P MODEL P PADA SIS PEMBELA SWA KEL AJARAN LAS N VIII SMP MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Maikasari, Emi
dc.date.accessioned 2018-02-20T09:10:39Z
dc.date.available 2018-02-20T09:10:39Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3355
dc.description.abstract Teori yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah teori Tarigan (2008) yang menyatakan menulis ialah menurunkan atau melukiskan lambanglambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik itu. Dalam penelitian ini juga digunakan teori Sudarman (2009) yang menyatakan teks berita ialah laporan tercepat tentang suatu peristiwa, opini, kecenderungan, situasi, kondisi, interpretasi yang penting, menarik, masih baru, dan secepatnya disampaikan kepada khalayak. Penelitian ini juga menggunkan teori Triono (2009) yang menyatakan bahwa pembelajaran berbasis masalah ialah hubungan antara dua arah belajar dan lingkungan. Lingkungan memberi masukan kepada siswa berupa bantuan dan masalah, sedangkan sistem saraf otak berfungsi menafsirkan bantuan itu secara efektif sehingga masalah yang dihadapi dapat diselidiki, dinilai, dianalisis serta dicari pemacahan yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dan melalui dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Penyajian data hasil penelitian menggunakan metode informal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran menulis teks dengan model pembelajaran berbasis masalah salah satunya yakni masalah yang diberikan berhubungan dengan lingkungan nyata siswa di sekolah dan masyarakat,(2) keterampilan menulis teks berita setelah memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII tahun pelajaran 2011/2012 mengalami meningkat. Pada prasiklus, siswa memperoleh rata-rata menulis teks berita sebesar 46,84, siklus I memperoleh rata-rata sebesar 64,52, dan siklus II memperoleh rata-rata sebesar 72,36. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran berbasis masalah menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo meningkat. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Keterampilan menulis, Teks berita, Pembelajaran berbasis masalah en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERI BERBA ITA MEL ASIS MAS LALUI M SALAH P MODEL P PADA SIS PEMBELA SWA KEL AJARAN LAS N VIII SMP MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account