Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pangajaran
keterampilan menulis narasi ekspositoris berdasarkan pengembangan kronologis
melalui media gambar berseri pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Purworejo Tahun
Pelajaran 2011/2012; (2) pengaruh penggunaan pengembangan kronologis melalui
media gambar berseri terhadap minat dan aktifitas siswa dalam menulis narasi
ekspositoris pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Purworejo Tahun Pelajaran
2011/2012; (3) peningkatan keterampilan menulis narasi ekspositoris berdasarkan
pengembangan kronologis melalui media gambar berseri pada siswa kelas X SMA
Negeri 9 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012.
Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian tindakan kelas, yang
meliputi tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X2 SMA
N 9 Purworejo. Fokus penelitian ini adalah pembelajaran, minat dan sikap siswa, dan
peningkatan keterampilan menulis narasi ekspositoris dengan pengembangan
kronologis melalui media gambar berseri. Pengumpulan data menggunakan teknik tes
dan nontes. Teknik tes berupa hasil menulis narasi ekspositoris, sedangkan teknik
nontes catatan lapangan, observasi, kuesioner, wawancara dengan guru, dan
dokumentasi foto.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran menulis
narasi ekspositoris berdasarkan pengembangan kronologis melalui media gambar
berseri dilakukan dalam empat tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. (2) minat dan aktifitas siswa dalam pembelajaran menulis
narasi ekspositoris berdasarkan pengembangan kronologis melalui media gambar
berseri menjadi lebih berkualitas dengan meningkatnya minat dan aktifitas yang
positif dari prasiklus sampai dengan siklus II. (3) Pembelajaran menulis narasi
ekspositoris berdasarkan pengembangan kronologis melalui media gambar beseri
dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa kelas X SMA N 9
Purworejo karena siswa lebih dapat merangkai kalimat dengan baik dan lebih kreatif.
Peningkatan ditunjukan oleh skor prasiklus menuju siklus I mengalami peningkatan
sebesar 11,7, sedangkan siklus I menuju siklus II mengalami peningkatan sebesar 5,9.
Secara keseluruhan peningkatan skor dari prasiklus sampai siklus II mengalami
peningkatan 17,4