Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik observasi, tes, nontes dan dokumentasi foto. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis tindakan proses yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang dilakukan secara kuantitatif. Langkah-langkah pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Menulis karangan narasi dengan media gambar mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa seperti perhatian, antusias siswa, respon positif terhadap media yang digunakan, keaktifan siswa dan sikap atau perilaku siswa selama proses pembelajaran. Hasil observasi dalam penelitian ini terlihat adanya perubahan positif terhadap aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Pada tahap prasiklus, perhatian siswa yang penuh terhadap guru sebesar 71% kemudian meningkat pada siklus I menjadi 82% dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 88%. Pada aspek siswa aktif dalam kegiatan tanya jawab, pada tahap prasiklus 41% kemudian meningkat pada siklus I menjadi 71% dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 82%. Pada aspek siswa yang antusias dan serius, pada tahap prasiklus 56% kemudian meningkat pada siklus I menjadi 82% dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 100%. Pada aspek siswa yang lancar dalam mengerjakan tugas, pada tahap prasiklus 47% kemudian meningkat pada siklus I menjadi 65% dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 100%. Untuk prestasi siswa dalam menulis karangan narasi pada prasiklus, siklus I, dan siklus II juga mengalami peningkatan. Pada prasiklus skor rata-rata mencapai 45 kemudian meningkat pada siklus I sebesar 65 dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 78. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telah terbukti penggunaan media gambar pada pembelajaran menulis karangan narasi dapat memotivasi dan meningkatkan prestasi siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo