Abstract:
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana
peningkatan kualitas proses kemampuan menulis puisi dengan teknik teratai pada
siswa kelas VII SMP N 4 Kalikajar Wonosobo, dan (2) bagaimana tingkat
keberhasilan kemampuan menulis puisi dengan teknik teratai pada siswa kelas
VII SMP N 4 Kalikajar Wonosobo tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan yang akan
dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan dan menjelaskan
peningkatan kualitas proses kemampuan menulis puisi dengan teknik teratai pada
siswa kelas VII SMP N 4 kalikajar Wonosobo, dan (2) mendeskripsikan tingkat
keberhasilan kemampuan menulis puisi dengan teknik teratai pada siswa kelas
VII SMP N 4 Kalikajar Wonosobo tahun pelajaran 2011/2012.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) teori Tarigan (2008:
4), yang menyatakan bahwa keterampilan menulis merupakan salah satu
keterampilan berbahasa yang diperoleh melalui praktik dan latihan secara teratur;
(2) teori Colerigde dalam Pradopo (2010: 6), yang menyatakan bahwa puisi
adalah kata-kata terindah dalam susunan yang indah; (3) teori Johnson Elaine B. (
2008: 14), yang menyatakan bahwa Contextual teaching and Learning adalah
sebuah sistem belajar yang didasarkan pada filosofi bahwa siswa mampu
menyerap pelajaran apabila mereka menangkap makna dalam materi akademis
yang mereka terima, dan mereka menangkap makna dalam tugas-tugas sekolah
jika mereka bisa bisa mengkaitkan informasi baru dengan pengetahuan dan
pengalaman yang sudah mereka miliki sebelumya.
Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada tiap siklus melalui tahap
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
20 peserta didik kelas VII A SMP N 4 Kalikajar Wonosobo. Pengumpulan data
dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes menulis puisi,
sedangkan teknik nontes berupa angket, lembar observasi, wawancara, jurnal, dan
dokumentasi foto. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif
dan deskriptif kualitatif. Keberhasilan yang diperoleh peserta didik berdasarkan
dua kriteria, yaitu proses dan produk