Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) bagaimana penerapan
pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode copy the master pada
siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo; (2) bagaimana pengaruh
terhadap motivasi belajar menulis puisi pada siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah Purworejo; dan (3) bagaimana peningkatan kemampuan menulis
puisi setelah menerima motivasi dan pembelajaran dengan menggunakan metode
copy the master.
Teori yang digunakan adalah teori Pradopo (2009: 7) mengungkapkan puisi
adalah sebuah bentuk mengekspresikan pemikiran yang membangkitkan perasaan,
yang merangsang imajinasi panca indera dalam susunan yang berirama. Teori
Jabrohim (2009: 34) mengemukakan bahwa unsur-unsur puisi tidaklah berdiri
sendiri tetapi merupakan sebuah struktur. Teori Marahimin (2010: 20) yang
mengemukakan metode copy the master ialah teknik meniru atau mencontoh
master model dari seorang ahli. Teori Arikunto (2010:130) yang mengemukakan
penelitian tindakan kelas adalah suatu perencanaan terhadap kegiatan yang
sengaja dimunculkan dan terjadi di dalam kelas.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo Tahun Ajaran
2011/2012, yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian ini adalah pembelajaran
kemampuan menulis puisi dengan metode copy the master. Dalam pengumpulan
data digunakan teknik tes dan nontes. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan
kuantitatif. Data dianalisis dengan analisis deskripsi teknik persentase dan teknik
penyajian data digunakan analisis informal.
Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa penggunaan metode copy the master
dapat meningkatkan proses pembelajaran. Perilaku siswa mengalami peningkatan
dan perubahan kearah yang lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran
tanpa metode copy the master pada pratindakan. Siswa dapat dinilai lebih antusias
serta aktif mengikuti pembelajaran dengan metode copy the master. Pembelajaran
dengan menggunakan metode copy the master dapat meningkatkan kemampuan
menulis puisi. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata tes menulis puisi dari tes
awal hingga siklus II mengalami peningkatan cukup berarti. Pada prasiklus hasil
kemampuan menulis puisi mendapat skor rata-rata kelas sebesar 65,91, pada
siklus I hasil kemampuan menulis puisi siswa mengalami peningkatan dengan
skor rata-rata siswa sebesar 70,36, dan pada siklus II mengalami peningkatan
dengan skor rata-rata siswa sebesar 79,36