Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MATERI DISKUSI DENGAN MODEL JIGSAW LEARNING PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI TRIWARNO KECAMATAN KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Trisnamaya, Dhaniar
dc.date.accessioned 2018-02-21T04:58:56Z
dc.date.available 2018-02-21T04:58:56Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3369
dc.description.abstract Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan selama 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Triwarno pada siswa kelas VIII H yang berjumlah 29 siswa. Dalam teknik pengumpulan data digunakan 3 metode, yaitu metode observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data dalam bentuk kualitatif dan kuantitatif. Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal atau perumusan dengan kata-kata biasa walaupun dengan terminologi yang teknis sifatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara penerapan model pembelajaran jigsaw learning memberikan pengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa. Pada siklus 1 terdapat 18 siswa yang mendapatkan skor 6-8 atau sangat rendah, 11 siswa lainnya memperoleh skor 9-11 atau rendah. Pada siklus ini jumlah rata-rata nilai hasil observasi aktivitas belajar siswa mencapai 8,13.Pada siklus 2 yang memperoleh nilai rendah atau mendapatkan skor 9-12 hanya 9 siswa, 18 siswa mendapatkan skor 13-15 atau tinggi dan 2 siswa mendapatkan skor 16-20 atau sangat tinggi. Pada siklus ini jumlah rata-rata yang diperoleh mencapai 13,44. Dari perbandingan angket pembelajaran juga terjadi peningkatan dari siklus 1 sampai dengan siklus 2. Dari pernyataan siswa (1) saya tertarik dengan model pembelajaran yang digunakan meningkat dari 22 menjadi 25 siswa; (2) saya semakin bersemangat dalam belajar meningkat dari 19 menjadi 26 siswa; (3) saya bertambah kreatif dalam berbicara meningkat dari 20 menjadi 22 siswa; (4) saya mendapatkan pengalaman baru tetap 29 siswa; (5) saya semakin mudah mempraktikan materi pelajaran meningkat dari 10 menjadi 12 siswa; (6) saya lebih mudah mendapatkan ide dalam berbicara tetap 25 siswa; (7) saya memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah meningkat dari 19 menjadi 23 siswa; (8) saya lebih memperhatikan pelajaran meningkat dari 20 menjadi 23 siswa; (9) dan (10) yaitu saya selalu penasaran dengan materi pelajaran dan saya lebih mudah menuangkan ide ke dalam bahasa lisan meningkat dari 21 menjadi 26 siswa. Pada siklus 1 nilai rata-rata 71,03% atau masuk dalam kategori sangat tinggi. Kemudian pada siklus 2 diperoleh rata-rata 81,72%. Pembelajaran dengan menggunakan model Jigsaw Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari keseluruhan aspek yang dinilai pada siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan (1) ide memperoleh skor 79 menjadi 122 ; (2) kejelasan kalimat memperoleh skor 79 menjadi 126; (3) aspek kebahasaan memperoleh skor 89 menjadi 120 ; (4) aspek nonkebahasaan memperoleh skor 86 menjadi 128 ; (5) kerapian berbicara memperoleh skor 88 menjadi 122 . Pada prasiklus jumlah rata-rata dari keseluruhan mencapai 8,62. Pada siklus 1 jumlah rata-ratanya mencapai 14,51 angka ini meningkat dari prasiklus. Jumlah rata-rata pada siklus 2 pun mengalami peningkatan dari siklus 1 yaitu 21,31 en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject metode, jigsaw learning, berbicara, bahasa Indonesia en_US
dc.title UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MATERI DISKUSI DENGAN MODEL JIGSAW LEARNING PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI TRIWARNO KECAMATAN KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account