Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik film
Rumah Tanpa Jendela karya Aditya Gumay; (2) nilai pendidikan akhlak film
Rumah Tanpa Jendela karya Aditya Gumay; (3) skenario pembelajaran drama
dengan materi nilai pendidikan akhlak film Rumah Tanpa Jendela karya Aditya
Gumay di kelas XI SMA.
Objek penelitian unsur intrinsik dan nilai pendidikan akhlak film Rumah
Tanpa Jendela karya Aditya Gumay. Fokus penelitian nilai pendidikan akhlak
film Rumah Tanpa Jendela karya Aditya Gumay yang meliputi akhlak terhadap
dirinya sendiri, keluarganya, dan sesamanya. Pengumpulan data dilakukan dengan
metode observasi dan studi kepustakaan. Instrumen pengumpulan data dilakukan
dengan bantuan kartu pencatat data dan alat tulis. Analisis data dilakukan dengan
metode analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intriksik dalam film
Rumah Tanpa Jendela karya Aditya Gumay meliputi tema, yaitu kepedulian
sosial; tokoh dan penokohan, yaitu Aldo dan Rara sebagai tokoh utama dan
beberapa tokoh lainnya yang dapat mendukung cerita; alur yang meliputi alur
bagian awal, tengah, dan akhir yang disajikan secara runtut; latar yang meliputi
latar tempat, waktu, dan sosial; amanat, bahwa sebagai makhluk ciptaan Allah
Swt. wajib saling membantu dan berbagi. Semua unsur tersebut secara terpadu
menjalin cerita sebagai satu kesatuan yang bernilai estetis; (2) nilai pendidikan
akhlak dalam film Rumah Tanpa Jendela meliputi akhlak terhadap dirinya sendiri,
yaitu beryukur, ikhlas, dan sabar; akhlak terhadap keluarganya, yaitu hormat
kepada orang tua, dan saling mengasihi terhadap anggota keluarga; akhlak
terhadap sesamanya, yaitu saling menolong, saling memberi, dan saling
mengasihi. Semua nilai pendidikan akhlak tersebut terjalin melalui struktur
pembentuk cerita yang memiliki nilai estetis dan tidak bersifat menggurui; (3)
skenario pembelajaran drama dengan materi unsur intrinsik dan nilai pendidikan
akhlak pada film Rumah Tanpa Jendela di kelas XI SMA terdiri dari
menyampaikan materi tentang unsur intrinsik drama dan nilai-nilai yang terdapat
dalam karya sastra; melakukan pemutaran film Rumah Tanpa Jendela untuk
kemudian diidentifikasi peserta didik; menugaskan peserta didik untuk
mengidentifikasi dan menganalisis unsur intriksik dan nilai pendidikan akhlak
pada film Rumah Tanpa Jendela; membimbing peserta didik untuk
mendiskusikan hasil analisis kepada teman kelompok; memberikan kesempatan
peserta didik untuk melaporkan hasil pekerjaan; mereflesikan kembali hasil
pembelajaran dengan metode tanya jawab.