Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA FILM RUMAH TANPA JENDELA KARYA ADITYA GUMAY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DALAM PEMBELAJARAN DRAMA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Meirani, Dita Anggun
dc.date.accessioned 2018-02-21T05:02:03Z
dc.date.available 2018-02-21T05:02:03Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3370
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik film Rumah Tanpa Jendela karya Aditya Gumay; (2) nilai pendidikan akhlak film Rumah Tanpa Jendela karya Aditya Gumay; (3) skenario pembelajaran drama dengan materi nilai pendidikan akhlak film Rumah Tanpa Jendela karya Aditya Gumay di kelas XI SMA. Objek penelitian unsur intrinsik dan nilai pendidikan akhlak film Rumah Tanpa Jendela karya Aditya Gumay. Fokus penelitian nilai pendidikan akhlak film Rumah Tanpa Jendela karya Aditya Gumay yang meliputi akhlak terhadap dirinya sendiri, keluarganya, dan sesamanya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan studi kepustakaan. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan bantuan kartu pencatat data dan alat tulis. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intriksik dalam film Rumah Tanpa Jendela karya Aditya Gumay meliputi tema, yaitu kepedulian sosial; tokoh dan penokohan, yaitu Aldo dan Rara sebagai tokoh utama dan beberapa tokoh lainnya yang dapat mendukung cerita; alur yang meliputi alur bagian awal, tengah, dan akhir yang disajikan secara runtut; latar yang meliputi latar tempat, waktu, dan sosial; amanat, bahwa sebagai makhluk ciptaan Allah Swt. wajib saling membantu dan berbagi. Semua unsur tersebut secara terpadu menjalin cerita sebagai satu kesatuan yang bernilai estetis; (2) nilai pendidikan akhlak dalam film Rumah Tanpa Jendela meliputi akhlak terhadap dirinya sendiri, yaitu beryukur, ikhlas, dan sabar; akhlak terhadap keluarganya, yaitu hormat kepada orang tua, dan saling mengasihi terhadap anggota keluarga; akhlak terhadap sesamanya, yaitu saling menolong, saling memberi, dan saling mengasihi. Semua nilai pendidikan akhlak tersebut terjalin melalui struktur pembentuk cerita yang memiliki nilai estetis dan tidak bersifat menggurui; (3) skenario pembelajaran drama dengan materi unsur intrinsik dan nilai pendidikan akhlak pada film Rumah Tanpa Jendela di kelas XI SMA terdiri dari menyampaikan materi tentang unsur intrinsik drama dan nilai-nilai yang terdapat dalam karya sastra; melakukan pemutaran film Rumah Tanpa Jendela untuk kemudian diidentifikasi peserta didik; menugaskan peserta didik untuk mengidentifikasi dan menganalisis unsur intriksik dan nilai pendidikan akhlak pada film Rumah Tanpa Jendela; membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hasil analisis kepada teman kelompok; memberikan kesempatan peserta didik untuk melaporkan hasil pekerjaan; mereflesikan kembali hasil pembelajaran dengan metode tanya jawab. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject unsur intrinsik film Rumah Tanpa Jendela, nilai pendidikan akhlak film Rumah Tanpa Jendela, skenario pembelajaran drama. en_US
dc.title NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA FILM RUMAH TANPA JENDELA KARYA ADITYA GUMAY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DALAM PEMBELAJARAN DRAMA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account