Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan unsur intrinsik novel
Padang Bulan (2) mendeskripsikan nilai moral dalam novel Padang Bulan karya
Andrea Hirata (3) mendeskripsikan nilai moral novel Padang Bulan karya Andrea
Hirata sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XI SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelit ian
ini adalah nilai moral novel Padang Bulan karya Andrea Hirata dan
pembelajarannya di kelas XI SMA. Data yang digunakan adalah narasi dan
percakapan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka
dan observasi. Instrumen penelitian ini adalah penulis sendiri sebagai peneliti,
kartu data, dan alat tulis. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi.
Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik penyajian informal.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) tema novel ini adalah
perjuangan seorang perempuan untuk keluarga dan cita-citanya. Tokoh utamanya
adalah Enong dan tokoh tambahannya: Ikal, Detektif M. Nur, Syalimah, dan
Zamzami. Alurnya adalah alur maju. Latar tempatnya: di rumah, tambang timah,
toko, bantaran danau, dan Tanjong Pandan. Latar waktunya adalah pagi, siang,
dan malam hari. Latar sosial melukiskan status sosial masyarakat ke bawah. Sudut
pandang yang digunakan adalah sudut pandang persona pertama. Unsur-unsur
intrinsik yang terdapat dalam novel Padang Bulan tersebut saling berhubungan
dan bernilai estetik, (2) nilai moral dalam novel Padang Bulan ada empat, yaitu
nilai moral hubungan manusia dengan Tuhannya meliputi beribadah, berdoa,
bersyukur, dan memohon ampun kepada Allah, nilai moral hubungan manusia
dengan manusia meliputi sikap tolong-menolong, berbakti kepada orang tua,
keakraban, kerjasama, memuji, persahabatan, memberi semangat, persaudaraan,
menasihati, dan sikap kekeluargaan, nilai moral hubungan manusia dengan diri
sendiri meliputi niat baik, ramah, prasangka baik, berpikir cerdas, sabar,
bijaksana, tanggung jawab, sikap sadar, kasih sayang, intropeksi diri, sikap bijak,
rela berkorban, pantang menyerah, dan berpendirian, dan nilai moral hubungan
manusia dengan lingkungan alam seperti sayang binatang dan memuji keindahan
alam. Nilai moral dalam novel Padang Bulan ini disajikan melalui susunan cerita
sehingga tidak bersifat menggurui atau bernilai estetik, (3) kesesuaian nilai moral
novel Padang Bulan sebagai bahan pembelajaran di kelas XI SMA berdasarkan
tinjauan dari aspek psikologi, bahasa dan latar belakang budaya. Ketiga aspek
tersebut mendukung novel Padang Bulan disesuaikan sebagai bahan pembelajaran
sastra di kelas XI SMA.