dc.description.abstract |
Tujuan penulis skripsi ini adalah: (1) mendeskripsikan aspek-aspek
sosiologi yang terdapat dalam novel Air Mata Terakhir Buda karya Kirana
Kejora, (2) mendeskripsikan pembelajaran sastra di SMA kelas XI, khususnya
aspek-aspek sosiologi yang terdapat dalam Novel Air Mata Terakhir Bunda karya
Kirana Kejora.
Teori yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah teori sosiologi
sastra yang dikemukakan Damono (1984) yang menyatakan bahwa sosiologi
sastra merupakan pendekatan terhadap sastra dalam mempertimbangkan segi-segi
kemasyarakatannya.
Subjek penelitian skripsi ini adalah novel Air Mata Terakhir Bunda. Objek
penelitian ini aspek-aspek sosiologi sastra. Instrumen penelitian ini berupa kartu
pencatat data dan alat tulisnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
teknik observasi, teknik catat serta teknik pustaka. Dalam teknik analisis data
penulis menggunakan analisis isi, yaitu menganalisis, mendeskripsikan, dan
mengambil kesimpulan isi novel. Teknik penyajian hasil analisis data yang
digunakan adalah metode informal.
Dari pembahasan data, peneliti memperoleh simpulan bahwa (1) aspekaspek
sosial novel Air Mata Terakhir Bunda meliputi; (a) kekerabatan, (b) cinta
kasih, (c) ekonomi, dan (d) moral, (2) pembelajaran novel Air Mata Terakhir
Bunda meliputi; (a) standar kompetensi, (b) kompetensi dasar, (c) indikator, (d)
tujuan pembelajaran, (e) materi pembelajaran, (f) metode pembelajaran, (g)
kegiatan pembelajaran, (h) sumber belajar, (i) nilai-nilai karakter bangsa, dan (j)
evaluasi. |
en_US |