Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah
pembelajaran menyimak berita dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD,
(2) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap
sikap dan minat belajar menyimak pada siswa kelas VII G SMP Negeri 1
Karangsambung, (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak berita
pada siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Karangsambung melalui penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Teori yang menjadi acuan pada penelitian ini adalah R. Slavin tentang
pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif adalah para siswa di
kelompokan menjadi beberapa kelompok yang heterogen setiap kelompok terdiri
dari 4-5 orang (Slavin, 2005:4). Teori Husnun Djuraid tentang berita. Berita
adalah sebuah laporan atau pemberitahuan mengenai terjadinya sebuah peristiwa
atau keadaan yang bersifat umum dan baru saja terjadi yang disampaikan oleh
wartawan di media massa (Djuraid, 2009:9). Teori Guntur Tarigan tentang
keterampilan menyimak. Menyimak adalah suatu proses yang mencakup kegiatan
mendengarkan bunyi bahasa, mengidentifikasi, menginterprestasi, menilai, dan
mereaksi atas makna yang terkandung di dalamnya (Tarigan, 2008:30).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Arikunto
(2011:3) yang terdiri atas tiga tahapan yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II.
Setiap siklus terdiri dari perencanan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek
penelitian ini yaitu siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Karangsambung yang
berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini digunakan teknik tes
dan nontes. Instrumen tes berupa tes menyimak berita dengan bentuk isian
singkat, sedangkan nontes berupa lembar pengamatan, observasi, jurnal dan
dokumentasi. Dalam teknik analisis data penelitian ini digunakan deskriptif
kuantitatif dengan menghitung rata-rata dan deskriptif kulitatif. Teknik penyajian
hasil analisis menggunakan teknik formal dan teknik informal.
Dari hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa
(1) langkah-langkah pembelajaran menyimak berita dengan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi mampu membuat pelajaran lebih terarah, (2) pembelajaran dengan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan sikap dan minat dalam
pembelajaran. Penilaian berdasarkan hasil observasi menunjukan keaktifan siswa
yang tadinya kurang aktif menjadi cukup aktif, ineraksi siwa menjadi lebih baik,
dan situasi yang tadinya kurang pada prasiklus, menjadi cukup pada siklus I, dan
menjadi baik pada siklus II, (3) Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
pembelajaran menyimak berita dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak berita. Peningkatan
dapat dilihat dari rata-rata prasiklus 53,51 rata-rata pada siklus I mencapai 68,06
dan siklus II rata-rata sebesar 77,91, sudah memenuhi KKM.