Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA PADA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 1 KARANGSAMBUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Yuningsih
dc.date.accessioned 2018-02-21T05:32:55Z
dc.date.available 2018-02-21T05:32:55Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3378
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menyimak berita dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap dan minat belajar menyimak pada siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Karangsambung, (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak berita pada siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Karangsambung melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teori yang menjadi acuan pada penelitian ini adalah R. Slavin tentang pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif adalah para siswa di kelompokan menjadi beberapa kelompok yang heterogen setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang (Slavin, 2005:4). Teori Husnun Djuraid tentang berita. Berita adalah sebuah laporan atau pemberitahuan mengenai terjadinya sebuah peristiwa atau keadaan yang bersifat umum dan baru saja terjadi yang disampaikan oleh wartawan di media massa (Djuraid, 2009:9). Teori Guntur Tarigan tentang keterampilan menyimak. Menyimak adalah suatu proses yang mencakup kegiatan mendengarkan bunyi bahasa, mengidentifikasi, menginterprestasi, menilai, dan mereaksi atas makna yang terkandung di dalamnya (Tarigan, 2008:30). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Arikunto (2011:3) yang terdiri atas tiga tahapan yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Karangsambung yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini digunakan teknik tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes menyimak berita dengan bentuk isian singkat, sedangkan nontes berupa lembar pengamatan, observasi, jurnal dan dokumentasi. Dalam teknik analisis data penelitian ini digunakan deskriptif kuantitatif dengan menghitung rata-rata dan deskriptif kulitatif. Teknik penyajian hasil analisis menggunakan teknik formal dan teknik informal. Dari hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran menyimak berita dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi mampu membuat pelajaran lebih terarah, (2) pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan sikap dan minat dalam pembelajaran. Penilaian berdasarkan hasil observasi menunjukan keaktifan siswa yang tadinya kurang aktif menjadi cukup aktif, ineraksi siwa menjadi lebih baik, dan situasi yang tadinya kurang pada prasiklus, menjadi cukup pada siklus I, dan menjadi baik pada siklus II, (3) Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menyimak berita dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak berita. Peningkatan dapat dilihat dari rata-rata prasiklus 53,51 rata-rata pada siklus I mencapai 68,06 dan siklus II rata-rata sebesar 77,91, sudah memenuhi KKM. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject model pembelajaran STAD, menyimak berita. en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA PADA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 1 KARANGSAMBUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account